jump to navigation

TIPS DESAIN BLOG 26 Mei 2009

Posted by bilik cinta in Serba serbi.
trackback

Berikut ini saya tambahkan catatan kecil yg saya buat sesuai dengan pengalaman tentang beberapa tips mendesain halaman blog anda. Selamat mencoba….

  1. Postingan yang kelewat panjang sebaiknya di putus, tidak perlu ditampilkan semua. Caranya tempatkan kursor pada bagian kalimat yg ingin diputus lalu tekan Alt+T atawa klik tool bar Rich Text Editor dengan gambar kertas terpotong (kali yah) .
  2. Jika ingin mengganti kata-kata pemutus standar, pindah mode dari mode editor ke mode html trus cari tulisan <!–more–> (tanda lebih kecil, tanda seru, 2 garis datar, MORE, 2 garis datar, tanda lebih besar) lalu sisipkan kata-kata yg kita kehendaki, misalnya menjadi <!–more …baca lebih lanjut–> maka pada bagian pemutus nantinya akan muncul tulisan “…baca lebih lanjut”.
  3. Pakai shortcut key juga bisa, kalo pingin tahu pindahkan pointer mos di atas toolbar Rich Text Editor. Tapi bagi yg suka tulisan rata kiri-kanan (justify) pakai shortcut Alt+J karena ini tidak tersedia di toolbar secara langsung.
  4. Untuk memunculkan/menyembunyikan Advanced Toolbar pada Rich Text Editor (pemformatan, pewarnaan font, insert karakter khusus, undo-redo, dll) tekan Alt+V.
  5. Tampilan blog sepenuhnya ditentukan oleh theme yg kita pilih. Dari Menu Presentation terdapat sub menu yg ada tergantung dari masing-masing theme yg tersedia. Theme-theme itu ada yg bisa di kostumasi dan ada yg tidak. Beberapa yg bisa seperti yg saya pakai ini, kita bisa mengganti image header (biasanya ukurannya 730 x 140 pixel) dengan buatan sendiri.
  6. Alt+E untuk switch antara mode editor dan mode html.
  7. Jika browser yg kita pakai adalah FIREFOx 2.0 biasanya semua fungsi ALT+… gak berfungsi, maka kombinasi aja dengan Shift menjadi Shift+Alt+…
  8.  Shift+Enter untuk menyisipkan baris pemutus dalam paragraph.

Kemudian yg kedua adalah submenu Sidebar Widgets, disini kita bisa banyak melakukan kustomasi. Dengan drag and drop widgets bisa dipindahkan ke dalam sidebar kemudian menatanya sesuai kehendak kita.

Selanjutnya tinggal mengkonfigurasinya dengan klik bagian kanan dari widgets, mengisikan hal2 yg diperlukan. Widgets setiap theme bisa berbeda-beda. Kita juga bisa mengkostumasi TEXT widgets sepenuhnya dengan kata2 atau tag html yg bisa diterima WP.com termasuk membuat link. Widgets yg tersedia maksimal 10 hanya tidak ditampakkan, kita bisa menambahkannya dengan mengisi list pada bagian bawah TEXT WIDGETS. Demikian juga untuk RSS Feed Widgets.

9. Untuk upload file (misalnya: jpg, jpeg, png, gif, pdf, doc, ppt) masuk ke dashboad, atau bisa langsung klik new post. Lihat bagian bawah rich text editor ada tempat untuk upload file. Klik browse untuk mencari file yg akan di upload dari komputer kita. Isi judul/title dari file yg akan diupload. kalao perlu isikan deskripsi/keterangannya. Langkah berikutnya klik Upload yg ada di bagian kanan bawah deskripsi.
Pastikan anda menjumpai submenu berikutnya, biasanya masuk ke sub menu cari di bagian upload tadi (ini saya contohkan upload file *.doc). Nah coba tempatkan pointer mouse di atas nama file yg di-upload tadi, klik kanan dan copy linknya. Itulah letak file upload-an tadi. Selanjutnya untuk mengaksesnya bisa dibuatkan link di bagian postingan atau di halaman lain atau di text widgets. Terus anda masih diberi tawaran radio button untuk memilih model link file/page/none dan bisa diedit lagi file tersebut.

10.  Bila diperlukan kita bisa back-up blog kita, ini untuk antisipasi kalo suatu saat ada masalah dengan wordpress.com. Caranya pakai aja software websitecopier salah satunya seperti WinHTTrack~Graties.  Cara pakainya simple aja kok, baca aja di help-nya.

Komentar»

1. mayasanto92 - 7 Januari 2012

blognya mantap abis

2. ajam - 1 Oktober 2010

makasih ya ba…..

eh numpang nih, kunjungi juga ya….ihtiarku..

3. ajam - 1 Oktober 2010

wah, mantap…… makasih yaw…
eh kunjungi http://www.ppobsmart.com/?id=salam coba aja, iseng – iseng gede untung he..he…

4. none - 4 September 2010

sala salah maksudnya ini
http://www.facebook.com/GaliTheWriter

5. none - 4 September 2010

bingggungggggggggggg
gimana caranya buat yg ada beranda bagus kayak blog ini???
baleznya jangan ke Email cz jarang buka
di fb q ja
http://www.facebook.com/group.php?gid=141488645864562&v=wall&story_fbid=156885670991526&ref=notif&notif_t=feed_comment_reply#!/GaliTheWriter

okey!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: