jump to navigation

Mencegah kerontokan rambut secara alami 17 Maret 2009

Posted by bilik cinta in sehat bugar.
Tags: , , , ,
trackback

Penyebab kerontokan rambut

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab kerontokan rambut; mulai dari stres, merokok, gizi tidak seimbang, faktor hormonal, berbagai macam penyakit sampai faktor keturunan. Karenanya, pengobatan medis yang dilakukan juga banyak, tergantung dari penyebabnya. Lebih jauh para ahli menambahkan, banyak cara pengobatan alami yang bermanfaat untuk kesehatan rambut, diantaranya : makan untuk kesehatan, dengan nutrisi seimbang

Makan untuk Kesehatan Rambut

Semua makanan yang baik untuk tubuh secara keseluruhan baik juga untuk rambut. Di antaranya makanan tinggi protein, rendah karbohidrat dan rendah lemak. Namun ada pula zat-zat lain yang secara spesifik diperlukan untuk kesehatan rambut, yaitu asam lemak omega 3, vitamin B12, biotin, dan mineral seperti zat besi, seng, dan tembaga. Kekurangan salah satu zat ini seringkali luput dari perhatian kita, namun sesungguhnya berperan penting terjadinya kerontokan rambut.

Setiap bulan wanita mengalami menstruasi, oleh karena itu wanita sangat rentan terhadap anemia kekurangan zat besi. Penelitian mendapatkan defisiensi zat besi ini sering menjadi penyebab kerontokan rambut pada wanita. Sumber zat besi dalam makanan sehari-hari misalnya dari sayuran hijau, daging berwarna merah serta hati.

Vitamin B12 bersumber dari telur, serta daging-dagingan. Oleh sebab itu diperlukan suplemen vitamin B 12 bagi mereka yang tidak makan jenis makanan tersebut di atas.

Suplemen makanan yang juga dianjurkan untuk dikonsumsi adalah biotin. Biotin kerap digunakan oleh dokter untuk terapi kerontokan rambut, sebab zat ini merupakan komponen utama pertumbuhan rambut, kulit serta kuku. Kita bisa saja mendapatkan biotin alami dari hati atau kuning telur, tapi untuk mencukupi kebutuhan diperlukan jumlah yang banyak. Karenanya, agar praktis kita dapat mengkonsumsi dalam bentuk suplemen makanan.

Ramuan Herbal untuk Rambut Rontok

Saat ini di pasaran banyak dijumpai ramuan herbal yang diyakini bermanfaat mengobati kerontokan rambut. Ramuan herbal tersebut sangat beragam, ada yang berasal dari tanaman asli Indonesia dan ada yang berasal dari luar negeri. Cara pemakaiannya juga bervariasi, ada yang dioleskan di kulit kepala, untuk keramas, dan ada yang diminum. Contoh herbal yang dianggap bermanfaat adalah : ginseng, jahe, cuka apel, tanaman saw palmetto, horsetail, teh hijau, dll. Walaupun diberi label sebagai bahan natural, kita perlu tetap hati-hati dalam pemakaiannya, terutama ramuan yang diminum. Pasalnya, ada juga ramuan herbal yang memiliki efek samping bagi tubuh terutama bila diminum oleh wanita yang juga menggunakan obat kontrasepsi. Karena itu, carilah informasi apa sebenarnya isi ramuan herbal tersebut, dan bila perlu konsultasikan kepada dokter.

Herbal yang aman digunakan adalah teh hijau. Beberapa penelitian di Jepang menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat meningkatkan zat tertentu yang disebut sex hormone binding globulin (SHBG) yang menghambat aktivitas hormonal pemicu kerontokan rambut. Selain itu teh hijau juga bermanfaat sebagai antioksidan dan memiliki efek anti-kanker.

Rambut Rontok dan Produk Kosmetik Rambut

Selama ini kita sudah tahu bahwa pemakaian kosmetik rambut seperti shampoo, pewarna rambut, dan pengering rambut dapat menyebabkan kerusakan rambut. Hal tersebut memang benar, namun kerusakan ini tidak sama dengan kerontokan rambut akibat masalah genetik atau problem medis lainnya.

Kerusakan akibat kosmetik rambut umumnya berupa batang rambut yang menjadi pecah-pecah, sedangkan kerontokan akibat problem medis sebenarnya disebabkan kerusakan pada tingkat akar atau folikel rambut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakaian kosmetik rambut tidak meningkatkan risiko terjadinya kerontokan rambut. Hal ini berarti wanita dengan keluhan kerontokan rambut tidak perlu takut untuk menata bahkan mewarnai rambutnya. Yang penting imbangi dengan asupan makanan bergizi untuk kesehatan rambut. Selamat merawat rambut Anda.

dr.Theresia Diah Arini

Komentar»

1. mella - 4 Juni 2010

ass,
nama saya mella umur saya 20 thn, justru saya mengalami kerontokan setelah saya mengkonsumsi vit b komplex dan vit c rutin setiap hari,saya malah merasakan rambut saya rontok parah,.
padahal saya tidak mengidap penyakit parah,,, itu knpa yaa???

2. dian - 26 Mei 2009

tiap 3 bulan sekali saya melakukan pelurusan rambut di salon dan sekarang rambut saya sangat rontok padahal saya rutin menggunakan minyak cem2an dan minum teh hijau. adakah cara pengobatan yang lain untuk masalah saya ini? apakah cara penyembuhan rambut rontok berbeda2 disesuaikan dengan penyebab kerontokannya? misalnya pengobatan rambut rontok krn stess berbeda dengan rontok krn obat2 kimia…terima kasih sblumnya

bilik cinta - 28 Mei 2009

Kerontokkan rambut disebabkan oleh berbagai macam. bisa karena nutrisi yang kurang atau pun perlakuan salah kepada rambut. Tentu saja cara mengatasinya juga berbeda. Untuk lebih jelasnya silahkan mbak Dian menghubungi salon kecantikan atau dokter kecantikan. Atau kalo mau gratis bisa aja mbak dian bertanya ke sales produk rambut yg biasanya nongkrong di mall-mall. Semoga membantu.

3. Diedie - 23 April 2009

Saya pria yg sudah mengalami kebotakan di bagian depan kepala. kalaw di perhatikan. ada bulu2 halusnya. apakah masih ada kemungkinan tumbuh gak yah? kalaw ada kemungkinan, yang bagus menggunakan apa?

bilik cinta - 30 April 2009

Tidak ada salahnya berikhtiar. Silahkan anda pilih herbal yang cocok untuk anda (baca lagi artikelnya), lidah buaya juga ok. karena bahannya mudah di dapat dan resikonya hampir tidak ada. alangkah lebih baik jika di padu juga dengan makanan sehat yg mengandung zat-zat yg dibutuhkan oleh rambut. agar hasil lebih optimal dan tidak salah langkah, silahkan anda konsultasi ke dokter kecantikan/ ahli rambut. matur nuwun.

4. rose - 15 April 2009

terimaksih saat ini saya sedang coba lidah buaya .. apakah kalau ngerendam kelamaan jadi bikin kering yhx

albarlina - 22 April 2009

ya gitu deh.. segala sesuatu yg berlebihan itu tdk baik. termasuk kalau ngrendamnya kelamaan

5. faiz - 10 April 2009

kalo minyak kemiri ma lidah buaya bisa mencegah kerontokan rambut jg g??

albarlina - 13 April 2009

Kandungan kimia yang terdapat dalam kemiri adalah gliserida, asam linolet, palmitat, stearat, miristat, asam minyak, protein, vitamin B1, dan zat lemak. Bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah biji, kulit, dan daun.
Menurut Prof Hembing dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat Indonesia: Rempah, Rimpang, dan Umbi, kegunaan kemiri adalah untuk obat demam, buang air besar yang mengandung darah, diare, disentri, sakit perut, sariawan, sakit gigi, gigi rusak, sembelit, kepalan, bisul, menyuburkan rambut, dan rambut rontok.

Untuk menyuburkan rambut, enam biji kemiri ditumbuk halus lalu ditambah air secukupnya dan dimasak hingga mengeluarkan minyak. Minyak tersebut digosokkan pada kulit kepala, tiga kali seminggu. Bisa juga dengan ramuan 10 gram kemiri, enam lembar daun mangkokan, dua lembar daun pandan wangi, enam lembar daun urang aring, 50 cc minyak kelapa, 50 cc minyak wijen, dua kuntum bunga mawar, 14 kuntum bunga melati direbus dengan 2.000 cc air hingga tersisa 1.000 cc. Kemudian rebusan disaring dan dioleskan ke kulit kepala setelah dingin sambil dipijat. Lakukan dua kali sehari.

Untuk mengatasi rambut rontok, 40 gram daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya, 20 gram daun mangkokan, dan 20 gram daun waru muda dihaluskan. Kemudian tambahkan 50 cc minyak kemiri hangat. Diaduk, lalu dioleskan pada kulit rambut hingga rata, diamkan beberapa saat lalu rambut dicuci hingga bersih.

Semoga bermanfaat…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: